Monday 10 February 2014

Sabar Itu Tiada Batasnya…


Ya memang Rasulullah saw sang teladan kita mengajarkan kepada kita, bahwa tidak ada batasan dalam kesabaran. Sebesar apapun masalah yang Allah berikan, seberat apapun cobaan yang dirasakan maka kita sebagai muslim harus sabar. Karena dengan masalah itulah kita diuji keimanan kita, di gembleng kekuatan kita, apakah kita akan kuat atau malah luluh karenanya. Apakah dengan masalah itu semakin sadar atau biasa saja atau malah menjadi semakin buruk.

Mungkin loe akan bilang, Rasulullah wajar aja bisa sesabar itu, wong Beliau seorang Nabi, tapi bro n sis Rasulullah juga manusia biasa sama seperti kita. Coba deh loe perhatiin ato loe baca Sirah nabawiyyah. Semua aktivitas beliau sama dengan manusia pada umumnya, beliau juga menikah, beliau juga makan, beliau juga bisa bersedih, marah, dan lainnya. Nah loh sama toh Rasulullah dengan kita gak ada bedanya. Bedanya Cuma beliau diangkat menjadi seorang utusan Allah untuk menyampaikan islam kepada seluruh umat manusia, dan diberikan kepadanya beberapa mukjizat. Namun selain itu kita sama dengan Rasulullah. Nah terus jika Rasulullah aja bisa sesabar itu, bagaimana dengan kita>>>?

Yups…gua mau berbagi cerita nih ma loe-loe sekalian, gua termasuk salah satu orang yang hobi marah dan sulit banget menahan emosi. Beehh…jadi orang yang sabar itu adalah sesuatu yang berat sanngat, tapi gua harus ngelakuin itu. Bayangin coba, gua sering banget diuji ama Allah, belum lama beberapa bulan ini gua pernah marah banget, waktu itu gara-gara gua mau pergi ke kaliurang untuk survei persiapan konsumsi. jadi kalo dari kampus gua ke sana cukup jauh dan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Nah waktu itu gua udah nyewa motor buat pergi ke sana tetapi dipinjem bentar ma teman gua untuk ngambil duit, dan dia telat datang ketika gua harus berangkat, nah waktu itu gua harus menunggu lama, rasanya gua emosi banget deh…pengen makan orang rasanya hehe lebay.com. dan  katika teman gua udah balik, ngeliat wajahnya aja gua males banget, habis itu gua ma teman gua yang lain langsung naik motor sangat kencang sekali. Dan belum beberapa menit gua naik motor, brruukkk gua langsung jatoh menyungkur tanah dan kepala gua terbentur sangat keras ke jalan. Tapi Alhamdulillah gua dan teman gak apa-apa hanya pegel-pegel doang dan sedikit lecet-lecet. Dan loe tau apa yang terjadi otomatis gua gak jadi berangkat deh.

Nah pelajaran yang loe bisa ambil dari cerita gua ini adalah, loe harus bisa menahan diri loe agar gak emosi dalam menghadapi masalah apapun itu. Dan pada saat itu gua akui pada hari itu setan menang karena berhasil membuat gua marah tingkat akut. Tapi gua akan belajar terus memperbaiki diri gua. Karena Allah juga benci ama orang yang suka marah…dan Rasulullah juga pernah bersabda “la taghdob walakal jannah”” jangan marah maka bagimu syurga”. nah gua pengen masuk syurgaa…jadi kita semua harus menjadi orang yang sabar yaaaa.

Ingat men, sabar itu adalah salah satu kunci sukses seorang muslim, jika dia gak bisa menahan dirinya dari emosi apalagi mau menghadapi masalah yang lain?? Bener gak?? Yups loe bener banget…apalagi jika kita sebagai seorang pengemban dakwah lebih kudu sabar lagi men…sabar dalam mendakwahkan islam, sabar dalam mengkaji islam dan sabar dalam segala hal pokoknya dah.. so jaga diri loe dari setan ya…dengan cara menjadi orang yang sabar… J tapi ingat sabar  juga karena Allah SWT ya…tidak karena yang lain… :D

NZ 10 februari 2014 20:54 WIB Asrama Putri STEI Hamfara Yogyakarta 

1 comment:

  1. subhanallah... sebab sabar tak pernah ada batasnya...

    followback http://cholis244.blogspot.com/

    ReplyDelete